November 12, 2011

Self-Esteem: Belajar Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri adalah
jalan  menuju kebahagiaan 
(1) Ingatlah, bahwa masyarakat tidaklah selalu benar
Self Esteem (harga diri) adalah sebuah penghargaan terhadap diri sendiri dalam pandangan orang lain. Orang lain yaitu kekasih Anda, teman kerja Anda, teman-teman bermain Anda, tetangga, dan semua orang yang bukan Anda, adalah masyarakat. Berhentilah berpikir bahwa setiap orang diluar sana "BENAR". Hanya karena kita memiliki obsesi budaya terhadap apa yang dipersepsikan sebagai "norma", bukan berarti hal itu benar.

Masyarakat memiliki daftar panjang atas ketidakadilan dan intoleransi. Seperti manusia, masyarakat juga tidak sempurna dan sering membuat kesalahan.




Ganti kata "Seharusnya"
dengan kata "Mau", atau "Akan"
(2) Gunakan kata-kata yang tidak menghakimi
Kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk "mengharuskan" dirinya. "Saya seharusnya melakukan ini", "Aku seharusnya nggak berbicara seperti itu", dan semacamnya. Semua kata "seharusnya" adalah penilaian yang dapat merendahkan harga diri Anda. Yah, Anda hanya mengatakan "seharusnya" ketika Anda sedang berada di dalam posisi kalah. Cobalah untuk menerima diri Anda. Cobalah untuk menerima orang lain. Dan cobalah untuk menerima kenyataan.


Berhentilah membuat penilaian, ganti kata "seharusnya" dengan kata yang dapat meningkatkan harga diri Anda, misalnya kata "Mau", atau "Akan". Dengan mengubah kata ini dapat meningkatkan harga diri Anda.

(3) Prioritaskan hal-hal yang ingin Anda selesaikan
Tentukan perubahan yang ingin Anda buat dalam hidup Anda. Gambarkan sebuah daftar dari keadaan Anda sekarang, buat dua kolom dan tentukan pro dan kontra masing-masing situasi. Perubahan ini bisa jadi dalam hubungan Anda, pekerjaan Anda, kehidupan sosial Anda, dan perasaan Anda atau sikap Anda.

Pilihlah perubahan yang Anda inginkan, bukan perubahan yang diinginkan orang lain. Setiap kali Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan, beri tanda cawang pada daftar Anda.

Tidak ada yang lebih baik
daripada diri Anda


(4) Ingatlah, tidak ada yang lebih baik daripada Anda
Jangan biarkan orang lain mendapatkan hal terbaik dari diri Anda dan kemudan menginjak-injak harga diri Anda. Ambil pendirian, kuatkanlah dan tegakan kepala ke atas. Tidak ada orang lain yang lebih baik daripada diri Anda. Setiap orang memiliki sebuah keterampilan yang tidak dimiliki orang lain.Sehingga, secara statistika dapat disimpulkan bahwa, adalah hal yang mustahil jika ada seseorang yang lebih baik daripada diri Anda.
Siapa lagi yang mau menerima
diri Anda apa adanya ?

(5) Terimalah diri Anda apa adanya
Anda tidak perlu mengkritik seekor kecebong, karena kecebong itu belum menjadi seekor kodok. Terimalah diri Anda apa adanya, karena Anda memiliki banyak hal yang sedang dikembangkan. Menerima diri Anda sebagaimana apa adanya Anda sekarang membuat Anda mampu tumbuh dan berkembang. Setiap nilai yang menyinggung kehidupan membutuhkan usaha untuk merawatnya. Jika Anda tidak melanjutkan bernafas, nafas yang Anda lakukan kemarin tidak akan membuatmu hidup hari ini. Prinsip yang sama jug aberlaku pada harga diri dan latihan-latihan yang mendukung itu.

Prasangka adalah buah dari kebodohan

(6) Kenali dan lawan prasangka
Prasangka terhadap fashion, kecantikan, apa yang baik dan apa yang buruk, warna kulit, bahasa, budaya, dan lain sebagainya; satu hal yang dapat kita lakukan adalah berhenti memperhatikan bagaimana dan mengapa orang-orang berbeda tak peduli kita setuju atau tidak.

Jadilah diri Anda sendiri. Harga diri yang rendah berasal dari membanding-bandingkan diri dengan orang lain.



(7) Ingatlah bahwa Anda hanya memiliki harga diri yang rendah
Anda hanya memiliki harga diri yang rendah, dan  bukannya tidak memiliki harga diri. Kenali perbedaannya. Anda bisa saja memiliki self esteem yang sangat tinggi lewat kesehatan jasmani dan rohani anda. Tapi kadang-kadang, ketika orang tersebut merasa harga dirinya rendah, dia akan terperangkap dalam kesombongan, membanggakan diri, dan membesar-besarkan diri sebagai mekanisme pertahanan diri.

Permasalahannya adalah bukan karena mereka memiliki ego yang terlalu besar, tetapi sebenarnya mereka memiliki ego yang kecil.


(8)  Nikmati dunia Anda
Anda tidak perlu berkutat pada penderitaan Anda. Ketika kita merasa resah, putus asa, ngomel-ngomel, dan selalu protes, kita sering kali menjadi egois, mementingkan diri sendiri. Padahal, ada banyak hal yang terjadi di luar sana. Perlu kita sadari bahwa kita hanya punya sedikit waktu untuk mengetahui apa yang terjadi di seluruh dunia ini. Daripada Anda tenggelam dalam keresahan hati Anda, lihatlah sekeliling Anda, lihatlah dunia di luar sana. Lihat berita di TV, baca koran, majalah, novel, dan bergabunglah dalam sebuah komunitas jika diperlukan..
A possitive attitude
will get you anywhere!

(9) Miliki sikap hidup positif
Bagaimana Anda merasa dengan diri Anda adalah bagaimana orang lain merasakan diri Anda. Sikap hidup Anda selalu mencerminkan diri Anda. Harga diri adalah kemampuan untuk memiliki pengalaman untuk menunjukan bahwa seseorang mampu menjawab tantangan kehidupan. Inilah kepercayaan diri pada kemampuan kita untuk mengambil hikmah, membuat keputusan, dan membuat perubahan.

(10) Kenali perasaan Anda
Jika anda diajarkan cara untuk menekan perasaan Anda di masa lalu, Anda akan kehilangan dengan perasaan-perasaan itu. Sebaiknya, Anda belajar untuk mengekspresikan perasaan-perasaan itu sekarang, meskipun itu terlalu beresiko. Dengan demikian, Anda telah menyatakan pada dunia apa yang sedang Anda rasakan, apa yang akan Anda lakukan, dan hal apa yang ingin Anda ubah.... Ini akan meningkatkan harga diri Anda.

LATIHAN
Ekspresikan diri Anda

Lihatlah pada cermin dan bayangkan Anda sedang bertemu dengan seseorang. Katakan pada pikiran Anda, dan lakukan ini tanpa rasa ketakutan, tanpa penilaian, kritik, atau penolakan. Perhatikan wajah Anda dan ekspresi Anda, dan buatlah agar mirip orang lain. Sesuaikan wajah Anda untuk membuat Anda nyaman dan senang, dan berlatihlah untuk mendapatkan kesan memimpin, percaya diri, atau seksi.